Rabu, 17 November 2010

TPI Menjadi MNC TV

Mata Kuliah : Kapita Selekta 
Tanggal : 16-11-2010
Dosen : Bapak Reza

Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) mulai tanggal 20-10-2010 hadir menyapa pemirsanya dengan nama dan logo yang baru. TPI berubah nama menjadi MNC TV (Media Nusantara Citra Televisi) dengan logo baru tulisan MNC TV yang didominasi warna biru dan merah. Peluncuran nama dan logo baru MNC TV dilakukan tepat pada tanggal 20 Oktober 2010 dalam gelaran acara 20.10.2010 Selalu di Hati di Central Park Jakarta yang dimeriahkan oleh penyanyi-penyanyi ternama di Indonesia. TPI yang merupakan televisi swasta nasional kedua mengubah namanya menjadi MNC TV untuk lebih meningkatkan image televisi yang mulai menyapa pemirsa sejak 23 Januari 1991 tersebut. TPI yang kini hadir dengan nam baru MNC TV mulai tadi malam (20/10) juga hadir menyapa pemirsanya dengan slogan baru yaitu Selalu di Hati mengubah slogan sebelumnya yaitu Makin Indonesia Makin Asyik Aja.

PT Media Nusantara Cipta (MNC) akan mengubah nama Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) menjadi MNC TV. Hal itu dilakukan semata-mata hanya untuk alasan komersil. Dipilihnya nama MNC TV karena alasan bahwa nama besar MNC sudah memiliki kualitas yang baik di industri media, khususnya penyiaran.

Perusahaan menilai bahwa image TPI yang dulu kurang bisa menjual atau kurang komersil. Hal ini terbukti dari rating acara TPI yang berada di no 4 tetapi dari sisi pendapatan tidak berhasil memberikan korelasi yang sesuai dengan posisi rating tersebut. Fakta tersebut dapat dilihat dari jumlah iklan di TPI yang tidak banyak. Sementara televisi lain dengan rating yang lebih rendah bisa membukukan perolehan iklan dalam jumlah yang lebih besar. Karena itu perusahaan memutuskan untuk melakukan perubahan nama demi perbaikan image dan dalam rangka meningkatkan pendapatan perusahaan.

Pada malam acara digelar untuk peresmian nama baru, kedua pembawa acara yang membawakan acara musik menjelaskan bahwa MNC TV akan berusaha untuk menjadi televisi dengan rating no 1 untuk program entertainment, terutama untuk musik dengdutnya. Jadi kesimpulannya, pergantian nama itu selain untuk rebranding juga untuk meningkatkan sales profit mereka. 

 Sumber : www.google.com

Perubahan TPI Hingga Menjadi MNC TV
TPI pertama kali mengudara pada 1 Januari 1991 selama 2 jam dari jam 19.00-21.00 WIB. TPI diresmikan Presiden Soeharto pada tanggal 23 Januari 1991 di studio 12 TVRI Senayan, Jakarta Pusat.

Pada awal pendiriannya tahun 1991, TPI hanya ingin menyiarkan siaran edukatif saja. Saat itu TPI hanya mengudara 4 jam. Salah satunya bekerja sama dengan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan menyiarkan materi pembelajaran pendidikan menengah. Sejak itu TPI mengudara 4 jam, lalu sejak 1 Juni 1991 menjadi 6,5 jam. Lalu menjelang akhir 1991 sudah menjadi 8 jam.

Pada tahap awal pendiriannya TPI berbagi saluran dengan televisi milik pemerintah, TVRI. Perlahan-lahan mereka mengurangi misi edukatif dengan juga menyiarkan acara lain termasuk kuis dan sinetron sebagai acara selingan.

TPI berpisah saluran dengan TVRI dipetengahan tahun 90-an. Kini program edukasi tersebut sudah tergusur dan TPI fokus pada program acara musik dangdut. Bahkan TPI sebagai kepanjangan dari Televisi Pendidikan Indonesia sudah tidak berlaku lagi.

Dalam website terbaru TPI disebutkan bahwa TPI adalah televisi paling indonesia, sesuai dengan misi barunya yaitu menyiarkan acara-acara khas indonesia seperti tayangan sinetron lokal dan musik dangdut. TPI pernah mendapatkan penghargaan karena telah bertahun-tahun telah menayangkan acara kuis dangdut pertama di Indonesia.

 Sumber : www.google.com


Sejak Juli 2006, 75% saham TPI dimiliki oleh Media Nusantara Citra, kelompok perusahaan media yang juga memiliki RCTI dan Global TV. Perubahan nama dan logo dari TPI menjadi MNC TV akan meningkatkan kinerja perusahaan diantaranya dengan menayangkan program yang berkualitas., tetapi MNC TV tidak akan mengubah seluruh tayangan yang telah ada.

Selama ini cukup banyak program yang ditayangkan di TPI  mendapatkan perhatian dari masyarakat antara lain program sinetron yang mengangkat budaya nasional. Karena ingin memperluas target audiens, MNC TV juga akan terus meningkatkan beberapa tayangan seperti olahraga dan anak-anak.

 Sumber : www.google.com


Daftar Pustaka :
1. Ringkasan materi kuliah kapita selekta tanggal 16-11-2010
2. www.googgle.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar