Selasa, 02 November 2010

Komunikasi Interaktif

Mata Kuliah : Kapita Selekta
Tanggal : 02-11-2010

Merubah Perilaku Melalui Komunikasi
Beberapa prinsip psikologi yang mempengaruhi orang untuk mengubah pikiran mereka atau untuk memenuhi permintaan, yaitu :
-Pertukaran
Maksudnya kebanyakan orang lebih suka untuk memberi jika mereka menerima.
-Kelangkaan
Maksudnya lebih menarik jika terbatas.
-Kekuasaan
Maksudnya orang yang mengirimkan pesan.
-Konsistensi
Maksudnya yaitu yang mereka katakan dan perbuat.
-Kesukaan
Maksudnya kita biasanya setuju dengan mereka yang kita sukai atau kagumi.
-Konsensus
Maksudnya memperhitungkan apa yang orang lain lakukan.
-Keputusan
Maksudnya pilihan taktik komunikasi yaitu : sumber pesan, pesan, media, target pasar.

Elemen-elemen Komunikasi
-Pengirim pesan
-Media
-Pesan
-Penerima pesan
-Umpan balik

Sumber : www.google.com

Komunikasi Interaktif
-Model komunikasi tradisional tidak menceritakan seluruh ceritanya.
-Konsumen mempunyai banyak pilihan yang tersedia dan pengendali yang baik untuk memproses pesan.
-Izin pemasaran, maksudnya lebih sukses dalam membujuk konsumen yang setuju untuk membiarkan dirinya mencoba.

Sumber Pesan
Kredibilitas sumber pesan
-Sumber pesan mempunyai damapak yang besar seperti sebuah pesan yang akan diterima.
-Pengalaman, selebriti atau tipe konsumen.
-2 partikular karakteristik sumber pesan yang penting yaiyu kredibilitas dan daya pikat.
-Pencapaian penerimaan pesan, objektivitas, atau kepercayaan.
-Kredibilitas dari sumber informal.
-Kredibilitas dari sumber formal.
-Kredibilitas sumber pesan dan pendukungnya.
-Kredibilitas Pesan
-Efek tidur
-Sumber pesan yang bias
-Hype vs Buzz : paradoks peusahaan
-Daya pikat sumber pesan

Pesan
Kata atau gambar?
-Rangsangan verbal yang menyebabkan aspek bermanfaat dari produk.
-Rangsangan visual yang menyebabkan evaluasi keindahan.
-Elemen verbal lebih efektif ketika dipaksa dengan menyatukan gambar, meningkatkan panggilan terhadap konsumen melalui informasi verbal.

Repetisi?
-Pedang bermata dua : kesadaran vs habituasi
-Membatasi jumlah eksposur per pengulangan
1 vs 2 sisi pesan?
-1 sisi : fokus hanya pada informasi yang menyenangkan
-2 sisi : baik poin yang baik maupun jelek diungkapkan
-Pendengar yang kritis
Menarik kesimpulan?
-Pesan relevan pribadi, orang lebih akan memperhatikan dan menarik kesimpulan.
-Sulit untuk mengikuti argumen atau motivasi konsumen utuk mengikutinya tidak cukup, menarik kesimpulan

Membandingkan iklan?
-Strategi brand positioning
-Membantu mengingat brand kompetitor

Penyusunan Pesan?
-Penyusunan pesan positif
Maksudnya yaitu manfaat yang akan di peroleh dengan menggunakan produk dengan cara mengendalikan situasi dalam tingkat yang rendah dan percaya pada pandangan sendiri.
-Penyusunan pesan negatif
Maksudnya yaitu manfaat yang akan diperoleh tanpa menggunakan produk dengan cara mengendalikan situasi dalam tingkat yang tinggi dan percaya pada pandangan sendiri.

 Sumber : www.google.com

Efek Order ?
-Efek keutamaa vs efek kebaruan
-Yang pertama, yang terakhir atau ditengah-tengah?

Perbandingan Emosional vs Perbandingan Rasional
-Semacam penonton  (Pendidikan)
-Tingkat pengendalian

Perbandingan Jenis Kelamin
-Berbagai macam jenis dari satu negara ke negara lain
-Harus relevan terhadap produk

Perbandingan Humor
-Pengendalian produk tingkat rendah
-Konsumen harus mempunyai sikap positif terhadap brand
-Muda, pendidikan yang lebih baik, skala yang meningkat, profesional yang lebih cenderung respektif

 Dalam Dari Humor Dalam Pengiklanan
-Humor menarik perhatian
-Humor tidak merugikan pemahaman
-Humor lebih efektif dalam membujuk orang lain
-Humor tidak mengurangi sumber kredibilitas
-Humor menambah kesukaan terhadap produk
-Humor yang relevan terhadap produk adalah humor yang mengunggulkan produknya
-Faktor demografis konsumen mempengaruhi respons terhadap perbandingan humor pada periklanan
-Kealamian produk mempengaruhi kelayakan dari perlakuan humor
-Humor lebih efektif dengan produk yang sudah ada daripada produk baru
-Humor lebih pantas untuk pengendalian produk yang rendah dan produk yang terorientasi daripada pengendalian produk yang tinggi

Perbandingan Rasa Takut
-Hubungan negatif anatara intensitas dari perbandingan rasa takut dan kemampuan untuk mebujuk
-Banyaknya persamaan yang digunakan dalam kontek marketing sosial
-Harus mempersiapkannya dengan hati-hati sebelum digunakan

Sumber : www.google.com

Daftar Pustaka :
1. Ringkasan mata kuliah kapita selekta tanggal 02-11-2010
2. www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar